Pantai Tanjung Aan, Pesona Keindahan Wisata Bahari Yang Menawarkan Sejuta Pesona di Pulau Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu dari sekian banyak kepulauan di negeri ini yang memiliki banyak pantai manawan. Yang mana salah satu pantai yang sangat dikenal adalah Pantai Tanjung Aan. Letak pantai yang menghadap samudera Hindia dengan dikelilingi beberapa bukit semakin menjadikan panorama pantai ini kian mempesona. Butiran pasir putih dan hamparan air dengan warna hijau kebiruan dengan kedalaman yang relatif dangkal sangat pas bagi anda para pecinta snorkeling untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Aan. Garis pantai sepanjang 2 kilometer semakin membuat pantai di wilayah selatan Lombok ini menjadi salah satu pantai favorit para wisatawan.



Ritual Bau Nyale Di Pantai Tanjung Aan Lombok

Ada keunikan yang dapat anda nikmati saat mengunjungi pantai ini. Anda dapat melihat langsung upacara tradisional kebudayaan dari kepulauan Lombok. Ritual Bau Nyale yang diadakan setiap tahun tepatnya pada bulan Februari, mampu menarik perhatian para wisatawan lokal mau pun manca negera. Ritual tersebut merupakan mitos masyarakat Lombok tentang legenda Puteri Mahardika yang mati karena melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Berdasarkan cerita leluhur masyarakat Lombok, Puteri Mahardika bereinkarnasi menjadi Nyale atau Cacing Laut.

Pesona Keindahan Alam Tanjung Aan Lombok

Tanjung Aan memiliki pesona keindahan yang sangat istimewa. Anda dapat menikmati panoramana semenanjung di sepanjang pesisir pantai yang dikelilingi dengan perbukitan hijau sehingga suasana pantai sangat asri. Ombak pantai yang menghantam karang dan menyapu butiran pasir putih di pantai ini sungguh menggambarkan pesona khatulistiwa Indonesia.

Batu Payung Di Pantai Tanjung Aan

Selain dengan keindahan alamnya, ternyata di Pantai Tanjung Aan terdapat sebuah Batu Payung tepatnya di sekitar tebing pesisir pantai. Batu tersebut berbentuk seperti payung dan banyak digunakan sebagai tempat pengambilan foto atau gambar. Keberadaan Batu Payung di Pantai Tanjung Aan mulai tersohor sejak Batu Payung tersebut dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar atau shooting sebuah iklan rokok. Sejak saat itu, Batu Payung ini sering dijadikan sebagai objek foto oleh wisatawan yang berkunjung.

Aktifitas Di Pantai Tanjung Aan

Banyak wisatawan yang memanfaatkan liburan ke pantai ini dengan melakukan berbagai kegiatan lain salah satu nya olah raga. Pantai Tanjung Aan memiliki kedalaman yang dangkal. Ini menjadi surga bagi para pecinta Snorkeling. Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang serta biota laut yang ada di dasar pantai. Selain itu, ombak pantai akan naik secara perlahan menjelang sore hari. Situasi ini dapat anda manfaatkan untuk melakukan olah raga selancar ( Surfing ).

Di sepanjang pantai, anda bisa menggunakan payung kayu dengan jerami pada
bagian atapnya. Anda dapat menggunakan tempat tersebut untuk duduk santai sambil menikmati es kelapa muda dengan ditemani semilir angin laut memandang keindahan hamparan hijau Pantai Tanjung Aan.

Akses Ke Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan terletak 75 kilometer dari pusat kota Mataram. Posisinya 3 kilometer dari Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jika ditempuh dari bandara internasional Lombok, anda membutuhkan waktu 60 menit hingga 2 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi tujuan. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil untuk memudahkan perjalanan wisata anda. Biayanya memang cukup mahal, sekitar Rp.600.000 per 10 jam. Harga tersebut sudah termasuk sewa mobil, sopir dan bahan bakar.

Nah demikian sekilas gambaran singkat tentang panorama keindahan yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Aan Lombok. Bagi anda pecinta wisata alam dan wisata bahari, tentunya sangat sayang apabila melewatkan keindahan oantai Tanjung Aan ini.

Demikian Tentang "Pantai Tanjung Aan, Pesona Keindahan Wisata Bahari Yang Menawarkan Sejuta Pesona di Pulau Lombok"

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan pendapatmu atau pertanyaan di komentar di bawah atas postingan tersebut !! Berkomentar lah dengan Sopan, jangan menautkan Link hidup karena percuma saja akan dihapus admin!

Scroll to top