Panorama Alami Wisata Gua Jatijajar Kebumen – Jawa Tengah

Bagi Anda yang hobi menjelajah keindahan alam, pastinya bukan hanya wisata pantai dan air terjun saja yang di sukai. Tetapi keindahan diri suatu Goa juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk di kunjungi. Dan dari sekian banyaknya wisata goa yang ada di negeri ini, salah satunya yang tak kalah menarik dari goa-goa lainnya adalah goa jatijajar di Jawa tengah.
Panorama Alami Wisata Gua Jatijajar Kebumen – Jawa Tengah
Panorama Alami Wisata Gua Jatijajar Kebumen – Jawa Tengah


Lokasi Gua Jatijajar dan Harga Tiket Masuk Gua Jatijajar
Gua Jatijajar ini berada dalam wilayah propinsi Jawa Tengah, tepatnya di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen dan berada 50 meter di atas permukaan laut.

Keunikan Gua Jatijajar
Begitu Anda memasuki area wisata gua, Anda akan disambut oleh patung dinosaurus yang berukuran raksasa yang ditempatkan tepat di depan mulut gua. Dan dari mulut patung inilah mengalir air yang ditampung dalam sebuah kolam dimana di kolam tersebut biasanya ada anak-anak yang berenang.
Sedangkan untuk Gua Jatijajar sendiri memiliki mulut yang cukup lebar dengan panjang 250 meter dengan lebar rata-rata 15 meter dan tingginya yang mencapai 12 meter. Gua ini terbentuk dari batu kapur, sehingga Anda akan menemukan banyak stalaktit dan stalakmit di dalam Gua Jatijajar ini.
Bukan hanya stalaktit dan stalakmit saja yang akan Anda temukan di dalam gua ini, Anda juga akan melihat adanya pilar atau tiang kapur yang merupakan pertemuan antara stalaktit dan stalakmit serta 4 sumber mata air yang masing-masing namanya adalah Sendang Kantil, Sendang Mawar, Sendang Puserbumi dan Sendang Jombor.
Berdasarkan mitos yang bereda di masyarakat, keempat sungai tersebut memiliki khasiat masing-masing. Jika seseorang membasuh mukanya di Sendang kantil, maka cita-citanya akan mudah tercapai, sedangkan Sendang Mawar airnya berkhasiat untuk membuat seseorang awet muda, dan Sendang Puser Bumi serta sendang Jombor, konon katanya ainya berkhasiat bisa digunakan untuk berbagai tujuan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
Keunikan yang lainnya adalah Gua jatijajar juga menyimpan legenda Lutung Kasarung atau Raden Kamandaka, dimana Gua Jatijajarr ini menjadii tempat bertapa sang raden yang merupakan Putra Mahkota Kerajaan Pajajaran. Oleh karenanya Anda juga akan mendapati diorama di dalam gua ini dengan jumlah patung yang mencapai 32 buah.
Setelah menilik sejarahnya, Gua Jatijajar ditemukan oleeh seorang petani yang bernama Jayamenawi pada tahun 1802, dan baru dikembangkan menjadi objek wisata pada tahun 1975 yang diprakarsai oleh Bapak Supeno Suryodipojo, Bupati Kebumen pada saat itu. Dan sekarang, pengelolaan Gua Jatijajar ini dilakukan oleh Pemda Kebumen.
Karena pembangunan yang dilakukan terhadap gua Jatijajar ini, sekarang Anda bisa menikmati keindahan Gua Jatijajar dengan lebih leluasa, karena di dalam gua ini sudah dipasang lampu listrik untuk penerangan, trap beton serta pegangan tangan yang bisa lebih menjamin keselamatan Anda.
Khawatir dengan rasa lapar? Tenang, karena di sekitar lokasi wisata ini banyak pedagang makan yang menawarkan aneka makanan, baik itu makanan berat ataupun makanan ringan. Ada juga pedagang souvenir yang menjual aneka cinderamata seperti kaos yang bergambarkan Gua Jatijajar.

Tiket masuk
Mengenai harga tiket, Anda tak perlu khawatir, karena sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 7.500,- saja per orang, untuk bisa menikmati segala keindahan wisata goa jatijajar.

Nah, itulah sekelumit ulasan mengenai Gua Jatijajar yang ada di Kebumen, Jawa Tengah. Destinsasi wisata yang satu ini sangat kami rekomendasikan untuk mengisi liburan anda, saat berada di Pulau Jawa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan pendapatmu atau pertanyaan di komentar di bawah atas postingan tersebut !! Berkomentar lah dengan Sopan, jangan menautkan Link hidup karena percuma saja akan dihapus admin!

Scroll to top