Desitinasi Mempesona Gunung Sibayak Sumatra Utara

Gunung Sibayak merupakan sebuah gunung yang menghadap ke kota Berastagi yang berlokasi di Sumatera Utara. Orang suku Karo biasannya menyebut Gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja". Gunung Sibayak adalah gunung berapi dan terakhir meletus pada tahun 1881. Sekarang ini Gunung Sibayak merupakan salah satu wisata alam yang banyak di kunjungin oleh kaum muda mudi dan para pecinta alam, sebab akses menuju gunung sibayak sudah banyak baik sibayak 1 maupun sibayak 2. Bahkan setiap tanggal 17 Agustus di Gunung Sibayak biasannya di adakan upacara rutin serta lomba panjat pinang oleh seluruh pencinta alam.
Desitinasi Mempesona Gunung Sibayak Sumatra Utara
Desitinasi Mempesona Gunung Sibayak Sumatra Utara

Lokasi Gunung Sibayak
Gunung Sibayak berada di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung Sibayak yang sering menjadi objek pendakian ini mencapai 2.094 meter dpl. Secara administratif hutan alam yang dimiliki pegunungan ini masuk dalam dalam kategori Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan. “Takal Kuda” merupakan sebutan dari Puncak tertinggi dari Gunung Sibayak. Sebutan tersebut berasal dari bahasa Karo yang berarti “Kepala Kuda”. Posisi koordinat puncakn Gunung Sibayak berada pada 97°30’BT dan 4°15’LS. Gunung Sibayak berada di sekitar 50 kilometer dari barat daya Kota Medan.

Akses Menuju Gunung Sibayak
Kalau dari Kota Medan, Anda akan menempuh jarak sekitar 77 km dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai di Berastagi. Anda dapat memilih kendaraan roda dua ataupun roda empat. Kemudian untuk mencapai lokasi, terdapat dua pilihan rute, yakni diantaranya perjalanan dari Berastagi atau dari Desa Semangat Gunung.

Pesona Keindahan Alam Gunung Sibayak
Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang mempunyai uap panas. Letusan yang terjadi pada Gunung ini beberapa waktu lalu cukup mengguncang bebatuan di puncak gunung. Hal tersebut tersebut justru menjadi keunikan tersendiri yang menarik wisatawan yang senang menguji adrenalinnya untuk dapat menaklukkan Gunung Sibayak sampai mencapai puncaknya.
Pemandangan dari matahari terbit di puncak Gunung Sibayak akan membuat anda terpukau. Kilauan cahaya dari sinar matahari akan menerpa wajah Anda dan akan memberikan suasana hangat, serta menggantikan hawa dingin yang menyelimuti perjalanan Anda. Demi melihat sunrise di gunung Sibayak, para pendaki biasannya memilih mendaki pada malam hari. Bagusnya, Anda harus mulai mendaki dari kaki gunung pada pukul 02.00 dini hari. Jangan khawatir karena suasana pada malam hari tetap akan memukau Anda. Ditambah lagi dengan cahaya-cahaya dari lampu rumah penduduk sekitar yang menerangi langit Gunung Sibayak. Suasana tersebut akan membuat Anda merasa sedang berada di bulan sebab kondisi pijakan selama pendakian anda yang penuh batuan.

Harga Tiket
Untuk harga tiket masuk Gunung sibayak anda hanya akan dimintai retribusi sebesar Rp 2.000,- per orang sebelum anda memasuki lokasi gunung. Pastikan Anda menyiapkan uang pas untuk membayarnya. Cukup murah bukan, hanya dengan uang Rp 2.000,- anda akan dapat menikmati keindaahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Sibayak. Tentunnya bagi anda yang ingin berwisata alam di Gunung Sibayak jangan sampai membuang sampah sembarang dan membawa turun kembai sampah sisa konsumsi.

Fasilitas dan Akomodasi
Posisi Gunung Sibayak sendiri terletak di Kota Berastagi, sehingga akan lebih memudahkan Anda jika ingin mencicipi aneka kulinerkhas Berastagi yang biasanya dijajakan pada sepanjang jalan Kota. Selain itu, buat anda yang berlibur di tempat ini, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat penginapan. Mulai dari kelas murah sampai hotel berbintang tersedia di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan pendapatmu atau pertanyaan di komentar di bawah atas postingan tersebut !! Berkomentar lah dengan Sopan, jangan menautkan Link hidup karena percuma saja akan dihapus admin!

Scroll to top