cara uninstall aplikasi suatu program di laptop windows 7 Hingga bersih ke akar-akarnya

Kadang kita menownload sesuatu dari komputer khususnya dari internet seprti download video, mp3, aplikasi dan lain-lain terkadang ada menyusupkan aplikasi jahat yang menyerang kita. Biasanya aplikasi tersebut harus di unistall bahkan ada sampai ke akar-akarnya harus di uninstal. Keperluan lagi kita uninstal suatu program adalah bahwa kita tidak ingin memakai lagi program aplikasi tersebut menyebabkan kita harus membuangnya saja dari pada menghabiskan kuota penyimpanan aplikasi komputer kita lebih baik kita uninstalll.

Hal lain lagi adalah dimana kemungkinan lain yang kenapa kita harus menguninstall adalah dimana kita memerlukan sebuah space di ram komputer kita agar bisa mendownload sesuatu seperti Game yang memerlukan banyak space di komputer kita. hal itu dilakukan dengan cara Uninstall. bagi yang belum mengerti cara uninstall aplikasi suatu program di laptop windows 7, kami akan memberikanya di bawah ini :

1. buka komputer kamu > Start > control panel
Setelah itu di menu program klik uninstall a program
Kotak aplikasi yang uninstall telah terbuka, silahkan pilih program yang ingin kamu hapus programnya di search programs dan feature search. setelah itu Klik kanan dan uninstall programnya. Setelah itu kamu prosesnya uninstall nya akan berlangsung dan mungkin kamu akan ada pemberitahuan dari pihak pengembang aplikasi tersebut yang mengatakan apakah kamu ingin benar-benar menghapus program tersebut dari komputermu.

Cara Tersebut diatas memang masih menginggalkan aplikasi yang tidak bisa kita hapus dari program and features. Banyak mungkin mereka menyelipkan data nya seperti di aplikasi lain browser chorem, firox dan aplikasi lain-lain. Dan yang terbanyak mereka/penyusup jahat menyelipkan datanya di browser.

cara uninstall aplikasi suatu program di laptop windows 7 Hingga bersih ke akar-akarnya :

Mengunakan Program :
Telah banyak beredar di internet aplikasi gratis yang ampuh menguninstal sebuah aplikasi di interntet. Menguninstall atau menghapus file aplikasi agar sampai ke akar-akarnya sebuah uninstaller program saya sarankan anda gunakan sekali-sekali. Karena kadang saat kita menguninstaller sebuah program dari cara diatas menyebabkan file nya di control panel masih ada yang tinggal (file registry). Ini kalau menumpuk di internetmu bisa membuat kualitas selancar di internetmu semakin lemot. Itulah mengapa saya menyarankan menggunakan program untuk membersihkanya sekali-sekali.

Contoh program yang paling terkenal dan gratis adalah
  1. ccleaner
  2. IObit Uninstaller
  3. Revo Uninstaller
silahkan download program tersebut, kami tidak menyediakan link download karena kami menghargai dari pebuat program tersebut. Program diatas sudah banyak di download orang dan banyak mengatakan telah berhasil melakukanya dengan Argumen puas.

Menghapus Program yang menempel di Browser yang mengganggu saat selancar di internet.

Kadang-kadang kita menginstall sebuah program namun sang pengembang program tersebut menyusupkan file yang tersimpan di browser. tujuan mereka tentunya untuk mempromosikan produknya hingga menempel di browser kita yang kadang sangat mengganggu sekali saat kita menggunakan browser tersebut untuk berinternet.

Perlu kita ketahui selain mengganggu kadang-kadang itu juga membuat waktu kita, Internet kita terkuras habis karena menunggu aplikasi mereka terbuka otomatis. Kebanyakan orang menyebut program yang menyusup ini dinamakan virus. Karena kebanyakan mereka memang menysupkan tersebut.
  • Memastikan Target dari browser :
Saya kemarin pernah mengalaminya saat penyusup yandex masuk ke browser ku, Dimana mereka merubah target dengan menambahkan embel-embel di akhir nya caranya klik kanan browser kamu > properties
Biasanya saat alikasi browser kita berakar seperti ini "C:\Program Files\Google\Chrome\Application"

Namun Di target seperti ini :
"C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe"

Di akhir di biru tersebut saya pernah mengalaminya bahwa program yandex mampu mengubahnya hingga mengganggu pandangan browser saya. pastikan target browser kamu seperti diatas.
  • Menghapus semua Riwayat browser
cara ini juga berguna agar mempercepat loading browser kamu, Silahkan hapus seluruh coookie di browser kamu yang mungkin para penyusup menempelkanya di url cookie tersebut.
  • Menonaktifkan seluruh ekstensi yang tidak kamu kenal.
Ini berguna sekali karena mereka berusaha mendapatkan tempat di file ekstensi mu bahkan saat kamu membuka file ektensi kadang kadang kita tidak mengerti program apa itu. maka silahkan hapus saja jika kamu tidak pernah melakukan atau membuat file ektensi tersebut
  • Mengubah setelah google 
ini juga menjadi target penyusup yang perlu kamu cek dahuluan jika terjadi gangguan atau telah terkena serangan hacker penyusup (virus). Buka setelan browser mu
Memastikan bahwa  pengaturan seperti saat memulai diatas, tampilan tombol beranda, telusuri atau mesin telusur diatas tersebut tidak tersusup oleh virus dimana mereka memaksa dengan cara meletakkan domain URL situs mereka di sana. Silahkan ganti atau hapus saja jika itu ada di sana.

uninstall aplikasi suatu program di laptop windows 7  dengan shrot cut

Namun kadang-kadang pengembang nakal tidak mencantumkan uninstal di dalam file location mereka. Padahal itu sangat berguna sekali untuk kita sebagai orang awam untuk menghapus file nya. Dari segitu orang itu sih wajar karena mereka kan tidak ingin jualan mereka di hapus oleh orang, namun caranya menurut saya kurang benar.

1. klik kanan file shortcut yang ingin kamu uninstall > jangan lupa klik Open file location

2. tekan uninst diatas untuk menguninstall, maka petunjuk arahan selanjutnya akan diarahkan oleh aplikasi tersebut.

Demikian semoga berguna. +Rinal Purba

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan pendapatmu atau pertanyaan di komentar di bawah atas postingan tersebut !! Berkomentar lah dengan Sopan, jangan menautkan Link hidup karena percuma saja akan dihapus admin!

Scroll to top