Cara mengkompres foto dengan microsoft office picture manager dari Laptop sekaligus

Semalam saya pergi jalan-jalan dan mendapatkan foto-foto yang banyak dari kamera saya kamera canon yang format fotonya berkualitas HD ukuran yang besar dan juga beban gambar yang sangat tinggi sampai-sampai 1 buah foto bisa hingga 7 Mega bait (7MB). Sangat besar bukan! data tersebut bahkan saat saya mau mengupload fotonya tersebut ke dalam facebook satu foto tersebut dengan ukuran yang gede begitu ditolak alias ulpload gagal. Facebook mengatakan ukuran maksimal data dalam 1 gambar yang kita mau upload ke FB sebesar maksimal 2,5 MB.

Jalan satu-satunya adalah Kompres gambar Tersebut, banyak aplikasi yang tersebar di internet yang online baik juga yang offline. Namun saat saya download berbagai aplikasi pengkompress sangat ribet bahkan ada aplikasi yang mempunyai banyak permintaan Crack lah, username atau pin lah dan bab..babla banyak embel-embel segala.

Dari pada ribet-ribet segala seperti saya tersebut mencari-cari pengkompres yang terbaik, yang dimana sampai sekarang produk microsoft office masih tidak bisa terkalah kan. kita bisa kompres foto lewat word, excel, dan yang paling saya sarankan adalah dengan microsoft office picture manager

Sebenarnya berdasarkan kegunaan foto kamu sih, jika kamu menggunakan fotonya untuk data word dan atau excel maka lebih baik saja engkau mengkompresi di sana. Namun sebaliknya jika kita ingin mengupload ke data seperti jejaring sosial email dan lain-lain maka microsoft office picture manager adalah tools tepatnya yang sangat simpel dan cepat untuk kompresi.


Berikut ini caranya :
1. Buka microsoft office picture manager atau gambar teman-teman yang ingin di kompres.


2.Lalu di menu pilihan paling atas aplikasi  microsoft office picture manager silahkan pilih menu picture tepatnya diantar menu view dan tools > compress pictures ( yang paling bawah) > akan muncul menu kompress sebelah kanan.


3. seperti gambar diatas akan muncul menu compress sebelah kanan. Di menu pilihan compress by ada pilihan don't compress, Documen, web pages, e-mail messages. silahkan pilih menu yang kamu inginkan saran saya jika kamu ingin memasukkan hal tersebut ke dalam sebuah website silahkan pilih web pages.

Di tampilan Estimate total size menunjukan komposisi besar file yang original dan yang telah di kompres. jadi coba liha betap besarnya data yang dikurang yang sangat membantu kita dalam banyak hal.

4. Tekan OK setelah kamu memilih pilian.
5. buka file lalu save atau save as untuk fotomu dengan nama yang baru. selesai.

Untuk Membuka file banyak dan Menkompres file fotonya sekaligus.
Silahkan lihat bilah sisi sebelah kiri atas pada microsoft office picture manager. Pilih yang paling sudut sebelah kiri.

-Pilih gambar yang mau di kompres atau untuk sekali semua tekan CTRL+A, ( untuk memilih gambar atau memilih gambar foto yang tidak ingin di kompres gunakan CRTL+Kursor kamu.
- untuk selanjutnya sema dengan cara diatas yaitu Pictures> Compress Pictures>OK.

Kenapa kita Harus Mengkompres?
Pertanyaan itu saya buat untuk teman-teman yang ingin mengetahui selain hal di tolak oleh beberapa jejaring sosial FB twitter yang kita upload sampai 7 MB. Alasan lainya adalah:
  1. menghemat data internet kita karena waktu kita mengkompres lebih cepat dan bebanya menjadi lebih ringan.
  2. membuat fotonya bisa menjadi Responsif ( artinya fotonya dicocokan di web dimana dan dari mana pun orang yang membukanya)
  3. menghemat waktu upload
  4. mempercepat loading website karena beban foto menjadi ringan
Hal-hal diatas merupakan pengalaman saya saat betapa besarnya keuntungan saya waktu mengkompres, Itu sejalan dengan saya seorang pengembang website dan penulis konten web dimana agar responsif tanpa menggunkan Plugin di word press dan atau jawaban-jawaban yang selama ini saya cari tahu demi tuntutan SEO dan Pengunjugan yang mengunjungi web saya menjadi Nyaman dengan tampilan gambarnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan pendapatmu atau pertanyaan di komentar di bawah atas postingan tersebut !! Berkomentar lah dengan Sopan, jangan menautkan Link hidup karena percuma saja akan dihapus admin!

Scroll to top